Petunjuk Teknis Kereta Penumpang
12:25 PM | Author: yoesuf a.k.a ucup
Dalam rangka menularkan virus railfanning (hehehehe...), ucup mo tambahain beberapa info ringan tentang kereta api. Kali ini ucup mo sharing info tentang kode-kode yang ada di kereta penumpang. sebelumnya ucup mo kasi tau beberapa istilah yang biasa dipake sama kalangan kereta api, termasuk PT. KAI sendiri.
  1. Lokomotif : Penarik rangkaian kereta api yang umumnya (tapi tidak selalu) berada di paling depan.
  2. Kereta : Rangkaian 'gerbong' yang digunakan untuk penumpang
  3. Gerbong : Rangkaian yang digunakan untuk mengangkut barang, termasuk rangkaian gerbong untuk mengangkut BBM ataupun CPO yang biasa kami sebut gerbong ketel.
Sekarang ucup mo coba sharing tentang kode yang ada di kereta penumpang (disini, dicontohkan kode yang ada pada kelas eksekutif) 1. Jenis dan kelas kereta (1-4 digit)
  • K1 : Kereta Penumpang Kelas eksekutif
  • K2 : Kereta Penumpang Kelas bisnis
  • K3 : Kereta Penumpang Kelas ekonomi
  • KM : Kereta makan
  • M : Kompartemen
  • KMP : Kereta makan dengan pembangkit genset
  • MP : Kompartemen dengan pembangkit genset
  • KP : Kereta penumpang dengan pembangkit genset
  • BP : Bagasi dengan pembangkit genset
  • B : Bagasi
2. Tahun pembuatan kereta (2 digit) 3. Jenis boogie (baca : suspensi) yang digunakan 4. Sekuen, nomor urut kereta saat pembuatan (2 digit) 5. R = Retrofit / Rebuilt / Renovasi 6. Lokasi dipo kereta penumpang tersebut berada, dirawat dan dimiliki oleh
  • JAKK : Jakarta Kota
  • BD : Bandung
  • CN : Cirebon
  • PWT : Purwokerto
  • YK : Yogyakarta
  • SLO : Solo
  • MN : Madiun
  • ML : Malang
  • SDT : Sidotopo (Surabaya)
  • SBI : Surabaya Pasar Turi
  • BW : Banyuwangi
  • SMT : Semarang Tawang
  • SMC : Semarang Poncol
  • RK : Rangkas Bitung
  • (data di atas ialah hanya beberapa dipo kereta di Pulau Jawa)
7. Kode teknis instalasi internal
  • AC-TS : Kereta penumpang dengan pendingin AC dan instalasi listrik
  • TS : Kereta penumpang dengan instalasi listrik
  • BK : Berat kosong kereta penumpang dengan satuan KG
8. Kode keterangan teknis instalasi internal
  • 220/380V : Tegangan listrik pada kereta penumpang
  • 32000KG : Berat kosong
9. Kode perawatan berkala kereta penumpang
  • MD : Mulai dinas (tanggal pertama kereta penumpang tersebut mulai beroperasi)
  • PA : Pemeriksaan akhir (pemeriksaan menyeluruh terhadap kereta penumpang tersebut) PA biasanya dilakukan di bengkel khusus kereta penumpang yang biasa disebut BalaiYasa. Di Pulau Jawa sendiri terdapat 3 Balai Yasa kereta penumpang,
  • MRI : Balai Yasa Manggarai
  • TG : Balai Yasa Tegal
  • SGU : Balai Yasa Surabaya Gubeng
  • PA YAD : Pemeriksaan Akhir Yang Akan Datang (jadwal PA selanjutnya dari kereta penumpang tersebut)
10. Tanggal dilakukannya MD, PA, PA YAD 11. Tempat menuliskannya tanggal pelaksanaan pelumasan kereta penumpang tersebut setiap bulannya Semoga virus ini merambah ke seluruh dunia... (heleeeh)
This entry was posted on 12:25 PM and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: